Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN TANJUNGPINANG

Banji (2010) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN TANJUNGPINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011141.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Bimbingan belajar sangat diperlukan demi untuk berhasil dalam belajar maka seorang anak didik sudah seharusnya mengikuti bimbingan belajar. Hal ini mengingat bahwa bimbingan berfungsi untuk mencegah kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif sehingga dapat menghindari kesalahan dalam memperbaikinya. Melihat hal di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian pada siswa kelas satu di Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang. Setelah data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara, kemudian penulis menguji masing-masing faktor dengan menggunakan analisis statistik tes ”t”. Dari hasil analisis tes ”t” untuk sampel besar (≥ 30) dapat disimpulkan bahwa untuk to diperoleh nilai 6,251 berarti besar dari to baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% (2,00 < 6,251 > 2,65). Dengan demikian maka Ha diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang ikut bimbingan belajar matematika dengan siswa yang tidak ikut bimbingan belajar matematika sedangkan Ho yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang ikut bimbingan belajar matematika dengan siswa yang tidak ikut bimbingan belajar matematika ditolak. Setelah melihat perbandingan to dan ttabel (2,00 < 6,251 > 2,65), serta melihat perbandingan nilai rata-rata variabel X (Mx = 79,267) dan variabel Y (My = 63,833), dari kedua perbandingan ini maka bisa dibuat kesimpulan bahwa ada pengaruh bimbingan belajar matematika yang cukup signifikansi (meyakinkan) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:02
Last Modified: 15 Jan 2016 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item