Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETETAPAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

Syaiful Hasbi (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETETAPAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012309AKN.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), ukuran perusahaan (Size), umur perusahaan (Age), dan struktur kepemilikan (Own) terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), ukuran perusahaan (Size), umur perusahaan (Age), dan struktur kepemilikan (Own), sedangkan variabel dependen adalah ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan yaitu laporan neraca perusahaan dan catatan atas laporan keuangan perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan sektor barang konsumsi yang tedaftar di BEI selama periode 2008 sampai 2010. Penelitian ini menggunakan regresi data panel atau pool data, hasil uji hipotesis menunjukkan secara parsial statistik t-tabel Debt To Equity Ratio (DER) secara statistik t tabel sebesar 1,980 > t hitung sebesar -1,847 maka diputuskan bahwa Ha1 DITOLAK, Return On Asset (ROA) secara statistik t tabel sebesar 1,980 > t hitung sebesar 0,266 maka diputuskan bahwa Ha2 DITOLAK, ukuran perusahaan (Size) secara statistik t tabel sebesar 1,980 > t hitung sebesar -1,706 maka diputuskan bahwa Ha3 DITOLAK, umur perusahaan (Age) secara statistik t tabel sebesar 1,980 < t hitung sebesar 3,916 maka diputuskan bahwa Ha4 DITERIMA dan struktur kepemilikan (Own) secara statistik t tabel sebesar 1,980 > t hitung sebesar -0,660 maka diputuskan bahwa Ha5 DITOLAK. Secara simultan atau uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 4,140 > F tabel sebesar 2,39, dengan nilai signifikansi probabilitas sebesar 0,02 berada dibawah 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa model regresi secara bersama-sama Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), ukuran perusahaan (Size), umur perusahaan (Age), dan struktur kepemilikan (Own) secara signifikan berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:32
Last Modified: 27 Dec 2016 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item