Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KEADILAN DISTRIBUTIF, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KECENDERUNGAN PENCIPTAAN SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris Pada Kantor Dinas Pemerintahan Kabupaten Siak)

Eka Rustika Wati (2012) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KEADILAN DISTRIBUTIF, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KECENDERUNGAN PENCIPTAAN SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris Pada Kantor Dinas Pemerintahan Kabupaten Siak). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012298AKN.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, keadilan distributif, dan komitmen organisasi terhadap kesenjangan anggaran pada Pemerintahan Kabupaten Pelalawan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sensus. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pejabat yang berada dibawah kepala dinas, yaitu kepala bagian dan sub bagian yang ada dimasing masing Dinas Pemerintahan Kabupaten Siak yang masa jabatannya minimal satu tahun dan pendidikan minimal D3. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 112 buah dan kuesioner yang kembali sebanyak 105 buah dan sisanya sebanyak 7 buah tidak kembali dan dinyatakan gugur sehingga tidak bisa diolah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda, diuji dengan menggunakan SPSS versi 17. Berdasarkan pengujian terhadap 105 buah kuesioner tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa secara parsial variabel partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap kesenjangan anggaran pada Dinas Pemerintahan Kabupaten Siak. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel (5,687>1,983). Untuk variabel keadilan distributif secara parsial berpengaruh negatif terhadap kesenjangan anggaran. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang lebih kecil daripada t tabel (0,998<1,983). Sedangkan untuk variabel komitmen organisasi secara parsial berpengaruh negatif terhadap kesenjangan anggaran pada kantor Dinas Pemerintahan Kabupaten Siak. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung yang lebih kecil daripada t tabel (1,004<1,983

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:24
Last Modified: 27 Dec 2016 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item