Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN LABA TUNAI TERHADAP DIVIDEN KAS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Eva Bian Zumanisa (2012) PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN LABA TUNAI TERHADAP DIVIDEN KAS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012233AKN.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah laba akuntansi dan laba tunai berpengaruh terhadap dividen kas baik secara simultan maupun parsial pada industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 175 perusahaan manufaktur dan setelah dilakukan pemilihan sampel dengan teknik Purposive Non Random Sampling diperoleh 48 perusahaan yang akan digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Variabel independen yang digunakan adalah laba akuntansi dan laba tunai dan variabel dependen yang digunakan adalah dividen kas. Model analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas, dan Adjusted R Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba akuntansi dan laba tunai secara simultan berpengaruh terhadap dividen kas dimana hasil pengujian memiliki nilai F hitung (231,812) lebih besar dari F tabel (3,91), dan hasil pengujian secara parsial untuk masing-masing variabel bebas memiliki nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Laba akuntansi secara parsial berpengaruh terhadap dividen kas dengan t hitung (3,856) > (1,655) t tabel, dan untuk laba tunai secara parsial berpengaruh terhadap dividen kas dengan t hitung (3,770) > (1,655 )t tabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 27 Dec 2016 02:29
Last Modified: 27 Dec 2016 02:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item