Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEAHLIAN KOMPUTER TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi empiris pada perusahaan penerbangan yang beroperasi di wilayah Pekanbaru)

Rival (2012) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEAHLIAN KOMPUTER TERHADAP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi empiris pada perusahaan penerbangan yang beroperasi di wilayah Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_201283AKN.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi dan keahlian komputer terhadap sistem informasi akuntansi pada perusahaan penerbangan yang beroperasi di wilayah Pekanbaru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode propotionate stratified random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan pada perusahaan penerbangan yang beroperasi di wilayah Pekanbaru. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 64 buah dan kembali dengan utuh tanpa ada yang gugur. Pengujian hipotesis dalam pengujian ini menggunakan regresi berganda, diuji dengan menggunakan SPSS versi 17. Berdasarkan pengujian terhadap 64 buah kuesioner tersebut, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa secara parsial variabel teknologi informasi dan keahlian komputer berpengaruh terhadap sistem informasi akuntansi. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung variabel teknologi informasi lebih besar daripada t tabel (3,105>1,999). Begitu juga dengan nilai t hitung variabel keahlian komputer yang lebih besar daripada t tabel (4,091>1,999). Untuk pengujian variabel secara simultan (bersama-sama0 menunjukkan bahwa variabel teknologi informasi dan keahlian komputer berpengaruh terhadap sistem informasi akuntansi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai f hitung yang lebih besar daripada f tabel (16,378>2,365) Untuk pengujian koefisien determinasi (R 2 ) didapat nilai R square sebesar 0,349 atau sebesar 34,9%. Artinya variabel independen (teknologi informasi, dan keahlian komputer) mampu menjelaskan variabel dependen (sistem informasi akuntansi) sebesar 34,9%. Sedangkan sisanya 65,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Dec 2016 09:19
Last Modified: 23 Dec 2016 09:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item