Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING TOPIC-DETAIL-MAIN IDEA STRATEGY ON READING COMPREHENSION IN EXPOSITORY TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN 5 PINGGIR BENGKALIS REGENCY

Nur Wahidah (2013) THE EFFECT OF USING TOPIC-DETAIL-MAIN IDEA STRATEGY ON READING COMPREHENSION IN EXPOSITORY TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN 5 PINGGIR BENGKALIS REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131292PBI.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan, ditemukan bahwa siswa belum mampu memahami teks analytical Exposition dalam buku pelajaran di sekolah. Masalah ini disebabkan oleh beberapa factor. Misalnya, sebagian siswa kurang memahami tentang isi dari teks bacaan, tidak bisa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan, sebagian siswa tidak mampu mengidentifikasi tujuan komunikatif dariteksbacaan. Jadi, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang masalah tersebut. Penelitian ini diadakan di SMA 5 Pinggir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tahun kedua SMA 5 Pinggir, dan objek dari penelitian ini adalah dampak penggunaan strategi Topic-Detail-Main Idea. Adapun jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua. Keseluruhan jumlah populasiadalah 83 siswa. Berdasarkan jenis penelitian ini dan jumlah populasi, peneliti menggunakan Cluster Sampling yang mengambil dua kelas sebagai sampel: XI IPS 1 yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS 2 yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelompok control. Untuk data analisisnya, peneliti menggunakan independent sample T-test melalui SPSS. Setelah data analisis, peneliti menemukan, ada dampak yang signifikan dari penggunaan strategi Topic-Detail-Main Idea untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa tahun kedua SMA N 5 Pinggir, dimana T-tabel menunjukkan 5,212 pada level signifikan 5% adalah 2,01 dan level 1% adalah 2,68. Maka hipotesis Null (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima, ditunjukkan dengan 2,01<5,212>2,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:02
Last Modified: 23 Dec 2016 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item