Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING TOWER (THINK, ORDER, WRITE, ERROR MONITOR, REVISE) STRATEGY TOWARDS ABILITY IN WRITING REPORT TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN 2 TAMBANG KAMPAR REGENCY

Vebi Wulandari (2013) THE EFFECT OF USING TOWER (THINK, ORDER, WRITE, ERROR MONITOR, REVISE) STRATEGY TOWARDS ABILITY IN WRITING REPORT TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMAN 2 TAMBANG KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_20131054PBI.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena ada beberapa permasalahan yang ditemukan pada siswa dalam pembelajaran bahasa inggris khususnya dalam menulis teks report. Permasalahannya adalah; beberapa siswa tidak mampu mengembangkan ide mereka dalam menulis teks report, siswa masih bingung dalam memilih kosakata yang tepat dalam menulis teks report, siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan tensis yang berhubungan dengan teks report, siswa juga tidak tahu bagaimana cara meletakkan general classification dan description dalam membuat teks report. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks report dengan menggunakan strategi TOWER, kemampuan siswa dalam menulis teks report dengan menggunakan strategi conventional dan juga untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang siginifikan penggunakan strategi TOWER terhadap kemampuan menulis teks report pada siswa kelas dua SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Pada penelitian ini, peneliti mengambil 2 kelas; kelas eksperimen dan kelas control dari delapan kelas yang terdiri dari 50 siswa sebagai sampel dari jumlah populasi 247 siswa secara acak berdasarkan kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimental (nonrandomized control group pretest-posttest design). Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tes. Tes ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan siswa dalam menulis teks report. Ada dua macam tes: Pretest digunakan untuk menentukan kemampuan menulis siswa sebelum mendapatkan perlakuan dan posttest digunakan untuk menentukan kemampuan menulis siswa setelah mendapatkan perlakuan. Dalam menganalisis data penulis menggunakan pengukuran nilai writing dari sekolah. nilai yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus T-test dalam SPSS. Berdasarkan hasil temuan penelitian, nilai t 0 lebih besar dari t tabel , sehingga bisa disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Bisa diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi TOWER terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks report pada siswa kelas dua SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar, dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam menulis teks report yang diajarkan dengan menggunakan strategi TOWER dikategorikan bagus dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi konvensional dikatagorikan kurang. Dengan kata lain, strategi TOWER lebih bagus dibandingkan strategi konvensional yang digunakan oleh guru SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:34
Last Modified: 22 Dec 2016 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item View Item