Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING EXPERIENCE TEXT RELATIONSHIP (ETR) METHOD ON READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT ISLAMIC JUNIOR BOARDING SCHOOL DAREL HIKMAH PEKANBARU

Johari Nur (2013) THE EFFECT OF USING EXPERIENCE TEXT RELATIONSHIP (ETR) METHOD ON READING COMPREHENSION OF RECOUNT TEXT OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT ISLAMIC JUNIOR BOARDING SCHOOL DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013660PBI.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan penulis, di temukan bahwa, siswa belum mampu memahami sebuah bacaan dalam buku pelajaran di sekolah. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, sebagian siswa kurang memahami tentang isi dari teks bacaan dan tidak bisa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan. Mereka juga tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan setelah membaca teks yang diberikan.Jadi, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang masalah tersebut. Penelitian ini diadakan di MTs Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah siswa tahun kedua MTs Darel Hikmah, dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh dari metode Experience Text Relationship (ETR). Adapun jenis penelitiannya adalah Quasi-experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua. Keseluruhan dari jumlah populasi adalah 127 siswa. Dikarenakan jumlah populasinya sangat banyak, peneliti menggunakan random sampling yang hanya mengambil dua kelas sebagai sampel: 8A2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok experimen, dan 8A3 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Jadi, jumlah sample dari dua kelas tersebut adalah 60 siswa.Untuk data analisisnya, peneliti menggunakan Independent sample T-test melalui SPSS. Setelah data di analisis, peneliti menemukan pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Experience Text Relationship (ETR) terhadap pemahaman bacaan siswa pada teks recount tahun kedua di MTs Darel Hikmah Pekanbaru, dimana t observed menunjukkan 5.589 pada level signifikan 5% t table adalah 2.00, danpada level 1% t table adalah 2.65. Maka, Null Hypothesis (Ho ) ditolak, dan Alternative Hypothesis (Ha) diterima, ditunjukkan dengan 2.00<5.589>2.65 Kesimpulannya, pengunaan metode Experience Text Relationship (ETR) memberikan sebuah pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman bacaan siswa tahun kedua di MTs ponpes Darel Hikmah Pekanbaru .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 20 Dec 2016 08:31
Last Modified: 20 Dec 2016 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10045

Actions (login required)

View Item View Item