Mardiansah (2013) MANAJEMEN PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA SIAK CABANG RUMBAI DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013379EI.pdf Download (622kB) | Preview |
Abstract
Judul skripsi ini adalah Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa perusahaan yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau kebutuhan masyarakat sudah selayaknya memperhatikan sistem pelayanan yang baik dan benar. Pengelolaan manajemen pelayanan yang buruk dalam sebuah perusahaan baik milik Negara maupun Swasta, tanpa adanya manajemen yang baik, tidak akan menghasilkan kualitas pelayanan yang akan merugikan para pelanggannya dan hasilnya adalah kerugian baik bagi perusahaan maupun para pelanggannya. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan air bersih, PDAM Tirta Siak dituntut untuk menerapkan manajemen pelayanan yang baik dan benar untuk memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Dan juga manajemen pelayanan yang diterapkan sesuai dengan konsep ekonomi Islam. Maka wajar saja jika perusahan tersebut sering mengalami terlebih hilangnya rasa percaya diri dan kepuasan konsumen untuk memakai jasa perusahan tersebut, termasuk di perusahaan PDAM Tirta Siak Cabang Rumbai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai; 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai; 3) Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Dalam penelitian ini populasi 2088 pelanggan. Maka sampel dalam penelitian ini di ambil 10% dari jumlah pelanggan PDAM Tirta Siak Cabang Rumbai berjumlah 208 orang. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan, angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tetang Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai di Tinjau dari ii ekonomi Islam 1) Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai, yang dilakukan masih jauh dari manajemen pelayanan air yang baik hal tersebut terlihat dari permasalahan yang di temukan dilapangan yang jau dari yang programkan seperti misalnya pelayanannya lambat, pipanya yang sering bocor, dan kualitas air yang bau dan tidak jernih. 2) Fakto-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai, mempunya beberapa faktor yakni: a) Dipengaruhi dari sistem manajemen yang masih ketergantungan dengan pihak pemerintah. Artinya adalah masih ikut campur tangan dari pihak pemerintah dalam proses pelaksanaan manajemen pelayanan PDAM Tirta Siak Cabang Rumbai tersebut. b) Kualitas air yang diperoleh pelanggan yang tidak sesuai dengan akan yang menjadi hak pelanggan, seperti pelayanannya lambat, pipanya yang sering bocor, dan kualitas air yang bau dan tidak jernih. c) Pelayanan dan penanganan keluhan yang alamini masyarakat (pelanggan) yang cepat namun tidak sesuai dari pengaduan yang di laporkan, yakni dalam bentuk penangan; 3)Tinjau Ekonomi Islam terhadap Manajemen Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Cabang Rumbai, yang dilakukan masih belum sesuai dengan konsepekonomi Islam, yakni saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan serta kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 13:57 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 13:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10024 |
Actions (login required)
View Item |