Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK JOHARI WINDOW DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU

JULIASARI, - (2025) EFEKTIVITAS TEKNIK JOHARI WINDOW DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN ETIKA SOSIAL SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN PUBLIKASI - Juliasari.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB HASIL - Juliasari.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - Juliasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Juliasari (2025): Efektivitas Teknik Johari Window dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Etika Sosial Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik Johari Window dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan etika sosial siswa di SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 355 orang siswa. Penarikan sampelnya menggunakan metode purposive sampling yaitu 10 orang siswa yang memiliki etika sosial rendah. Teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji Wilcoxon. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pengukuran skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa etika sosial siswa sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dikategorikan rendah dengan total skor rata-rata 51,3 kemudian sesudah diberikan perlakuan (post-test) menggunakan teknik johari window dalam layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan yaitu sebesar 30,9 sehingga total skor rata-rata 82,2 dengan kategori tinggi. Dari hasil uji hipotesis diperoleh angka probabilitas 0,005 lebih kecil dari <0,05 yang berarti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik johari window dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan etika sosial siswa. Kata Kunci: Teknik Johari Window, Layanan Bimbingan Kelompok, Etika Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUHERTINA, -2011076201suhertina@uin-suska.ac.id,
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Gusneli -
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:49
Last Modified: 06 Aug 2025 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/91567

Actions (login required)

View Item View Item