Asyifa Erma Ningsih (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND ROBIN BRAINSTRORMING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD AL RASYID PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
|
Text (BAB GABUNGAN)
skripsi lengkap kecuali bab hasil - Asyifa Ermaningsih.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
bab hasil - Asyifa Ermaningsih.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 2025. Download (5MB) |
||
|
Text (PERNYATAAN)
PUBLIKASI - Asyifa Ermaningsih.pdf - Published Version Download (510kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran round robin brainstorming pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Al Rasyid Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 23 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Al Rasyid Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran round robin brainstorming dan keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran round robin brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa rata-rata mencapai 45,00 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat dengan rata-rata 63,00 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa meningkat dengan rata-rata 76,00 dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran round robin brainstorming pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa di kelas IV SD Al Rasyid Pekanbaru.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
| Depositing User: | Mr. Supliadi | ||||||||
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:46 | ||||||||
| Last Modified: | 17 Jul 2025 06:46 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/90585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
