Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD SAINS TAHFIZ ISLAMIC CENTER SIAK

ATIKA RAHMAN, - (2025) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD SAINS TAHFIZ ISLAMIC CENTER SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB HASIL - Atika Rahman.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB HASIL)
BAB HASIL IV - Atika Rahman.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PUBLIKASI - Atika Rahman.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kela IV SD Sains Tahfiz Islamic Center Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rasa kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan 28 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Motode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obervasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian bahwa Penerapan Motode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri siswa. Dapat diketahui dimana sebelum Tindakan perbaikan dilakukan, kepercayaan diri siswa hanya mecapai 43% atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan Tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penerapan Motode Pembelajaran Talking Stick siklus 1 kepercayaan diri siswa 65 % dalam Kategori Cukup, kemudian pada siklus II hasil kepercayaan diri siswa 88 % dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Motode Pembelajaran Talking Stick Meningkatkan Kepercayaan Diri siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Sains Tahfiz Islamic Center Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyafi'ah, -2012086401syafiahsaid@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 09 Jul 2025 00:54
Last Modified: 09 Jul 2025 00:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89668

Actions (login required)

View Item View Item