NURLAYLA ENDANG SYAFITRI, - (2025) DESAIN SUMBER BELAJAR BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI TATA SURYA KELAS VI MI/SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GABUNGAN)
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB HASIL - endang syafitri.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (BAB HASIL)
BAB HASIL - endang syafitri.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
|
Text (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PUBLIKASI - endang syafitri.pdf - Published Version Download (282kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sumber belajar buku saku berbasis mind mapping pada materi tata surya di kelas VI, mengetahui kevalidan serta respon pendidik maupun peserta didik pada buku saku berbasis mind mapping materi tata surya di kelas VI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang meliputi 7 tahapan meliputi, (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Kelayakan sumber belajar buku saku berbasis Mind Mapping sebagai bahan ajar berdasarkan pada instrument penilaian yang berupa angket. Penilaian ahli desain dan ahli materi; dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik dengan adanya buku saku berbasis Mind Mapping sebagai bahan ajar dalam pembelajaran. Pada uji coba produk, Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinilai respon kelayakannya oleh 5 orang pendidik dan 15 peserta didik kelas VI SDN 008 Rimba Beringin. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian ahli desain 84,6% dalam kategori Sangat Baik, ahli materi diperoleh skor 92,5% dalam kategori Sangat Baik, respon pendidik dalam uji coba produk diperoleh skor 94% dalam kategori sangat baik dan peserta didik 98,6% dengan kategori Sangat Baik. Berdasarkan hasil validasi buku saku berbasis mind mapping dapat disimpulkan bahwa buku saku berbasis Mind Mapping layak dikembangkan dan dapat menjadi alternatif pelengkap bahan ajar yang dapat digunakan tenaga pendidik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
| Depositing User: | Mrs Rina Amelia - | ||||||||
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 06:07 | ||||||||
| Last Modified: | 07 Jul 2025 06:07 | ||||||||
| URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/89508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
