Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Kesulitan Penguasaan Mufradat Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 11 SMA IT Bangkinang

JIHAN FIRA ATIKAH, - (2025) Analisis Kesulitan Penguasaan Mufradat Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 11 SMA IT Bangkinang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - JIHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - JIHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh sulitnya penerapan penggunaan mufradat siswa saat berbicara bahasa arab. Maka penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan rumusan masalah (1) apa saja kesulitan dalam menggunakan mufradat saat berbicara bahasa arab oleh siswa kelas 11 SMA IT Bangkinang.? (2) apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan penguasaan mufradat saat berbicara bahasa arab oleh siswa kelas 11 SMA IT Bangkinang?. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun populasi yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA IT Bangkinang dengan jumlah 75 siswa dan sampel sebanyak 30 orang, dengan menggunakan metode purposive sampling. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan metode wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah kesulitan yang dirasakan siswa dalam memahami mufradat antara lain: pengucapan kosa kata yang masih kurang lancar karena siswa tidak menggunakan mufradat yang dihafal dan lupa, kemudian mereka kesulitan dalam menerjemahkan mufradat karena tidak mengetahui artinya. Dan struktur mufradat yang digunakan siswa tidak sesuai dengan kalimat yang benar. Siswa tidak menggunakan kata ganti yang sesuai seperti dhomir muttasil dan dhomir munfasil. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa disebabkan oleh faktor internal seperti kurang percaya diri, tidak ada motivasi, tidak konsisten, tidak suka bahasa arab, dan malu. Faktor eksternal, seperti tidak ada lawan berbicara, lingkungan asrama yang tidak menerapkan aturan berbahasa, tidak ada hukuman bagi siswa yang tidak menggunakan bahasa arab, kegiatan bahasa arab yang kurang efektif, metode belajar bahasa arab yang kurang cocok saat dikelas. Kesimpulan dari penelitian ini, kesulitan yang dirasakan siswa men yebabkan siswa merasa enggan untuk berbicara bahasa arab dan tidak ada tanggung jawab untuk menggunakan mufradat yang sudah dihafal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDadang Firdaus, -2002048101dadang.firdaus@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:35
Last Modified: 04 Feb 2025 06:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/87057

Actions (login required)

View Item View Item