AZ ZUKHRUF ASLIM, - (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN LEBELLED DIAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP IT AL-FIKRI PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
THESIS FULL AZ ZUKHRUF ASLIM.pdf Download (22MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
THESIS BAB IV AZ ZUKHRUF ASLIM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK AZ ZUKHRUF ASLIM, (2025): Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental research, yang terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan media permainan labelled diagram (X) dan peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab (Y) di SMPIT Al-Fikri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab antara siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media permainan Labelled Diagram dan siswa kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode tersebut pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Fikri Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPIT Al-Fikri Pekanbaru yang berjumlah 102 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen : 23 siswa dan VIII B sebagai kelas kontrol : 23 siswa, maka jumlahnya 46 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Berdasarkan dari hasil pretest dan posttest di kelas eksperimen, peneliti mendapatkan rata-rata peningkatan 23,04 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan rata-rata peningkatan 14,35. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 3,33 lebih besar dari t-tabel, (df = 44), pada taraf signifikan 1%= 2,692 dan taraf signifikan 5%= 2,015. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. yang berarti bahwa adanya perbedaan signifikan pada peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Begitu juga pada tabel observasi, penggunaan media permaianan labelled diagram mendapatkan nilai 95,8% dengan arti “bagus sekali” karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan menggunakan data ini, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab antara siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media permainan Labelled Diagram dan siswa kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan metode tersebut pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Fikri Pekanbaru. Oleh karena itu, penggunaan media permainan labelled diagram dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Kata kunci: Efektivitas, Labelled Diagram, Peningkatan, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 400 Bahasa 300 Ilmu Sosial 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 06:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 06:50 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |