Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA ANTARA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SENI TILAWAH AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

SRIMALINDA PUTRI, - (2025) KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA ANTARA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SENI TILAWAH AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Srimalinda Putri (2024): Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa antara yang mengikuti dan tidak mengikuti Ekstrakurikuler Seni Tilawah Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa antara yang mengikuti dan tidak mengikuti ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Muhammaidyah 02 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru yang berjumlah 658 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 orang siswa, terdiri dari 25 siswa yang mengikuti dan 25 siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur‟an. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji tes t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% (2,493 > 2,011) dan perhitungan nilai sig (2 tailed) < (0,016< 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa antara yang mengikuti dan tidak mengikuti ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Hasil rata-rata kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur‟an 79,84 lebih tinggi dari yang tidak mengikuti ekstrakurikuler seni tilawah Al-Qur‟an 72,20. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Ekstrakurikuler Seni Tilawah Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKADAR2021056501kadarmyusuf@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 10:11
Last Modified: 30 Jan 2025 10:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86746

Actions (login required)

View Item View Item