Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 PEKANBARU

M. IKHSAN FIKRY, - (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK M. Ikhsan Fikry (2024) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe The Learning Cell terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe The Learning Cell terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2 SMK Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 68 siswa, terdiri dari kelas DPIB 1 34 orang siswa dan Kelas DPIB 2 34 orang siswa teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, berupa Angket yang diujikan sebelum dan setelah perlakuan. Teknik Analisis Data menggunakan uji t. Berdasarkan Hasil analisi data diperoleh nilai thitung 6,737 > ttabel 2,04 pada taraf signifikansi 5% dan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, dengan nilai rata-rata (mean) postest pada kelompok eksperimen 0.038 lebih besar dari kelompok kontrol 0.034. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe The Learning Cell memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Kata Kunci : Cooperative Tipe The Learning Cell, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARWAN2001046401marwan.uin68@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 09:44
Last Modified: 30 Jan 2025 09:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86733

Actions (login required)

View Item View Item