Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ANSHARULLAH PULAU BIRANDANG

WILMA PITRI, - (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN ANSHARULLAH PULAU BIRANDANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wilma Pitri (2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Start with a Question terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ansharullah Pulau Birandang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keaktifan belajar siswa penerapan model pembelajaran learning Start with a Question dengan Explisit Instructions pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ansharullah Pulau Birandang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 31 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan teknik pengambilan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-samples t-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan belajar siswa antara penerapan model pembelajaran learning start with a question dengan explicit instructions pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ansharullah Pulau Birandang dengan thitung > ttabel (7,216 > 2,000) sementara itu nilai sig.2-tailed 0.00 < 0.05 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Model Learning Start with a Question, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMIRAWATI, -2004047401mirawati.mgz@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jan 2025 06:56
Last Modified: 30 Jan 2025 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86723

Actions (login required)

View Item View Item