Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA SISWA SMAN X KECAMATAN TAMBANG

NUR SHINTA INSANI, - (2024) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA SISWA SMAN X KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - NUR SHINTA INSANI.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - NUR SHINTA INSANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Academic dishonesty merupakan isu global yang menjadi tantangan bagi integritas diri pelajar. Kepercayaan diri memainkan peran penting dalam mencegah academic dsihonesty, karena pelajar yang percaya diri cenderung menghadapi tantangan tanpa mencari jalan pintas. Di sisi lain, disiplin belajar membantu menciptakan kebiasaan positif yang mengurangi tekanan untuk melakukan tindakan academic dishonesty. Kurangnya kepercayaan diri dan disiplin dapat membuka peluang bagi peserta didik untuk melakukan academic dsihonesty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan disiplin belajar dengan academic dishonesty pada siswa SMAN X. Jenis Penelitian ini kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah di Kecamatan Tambang. Sampel penelitian berjumlah 271 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri, disiplin belajar dan academic dishonesty. Hasil reliabilitas menggunakan alpha cronbach didapatkan hasil sebesar 0,950 untuk skala academic dishonesty, kepercayaan diri 0,895 dan disiplin belajar 0,883. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa peningkatan kepercayaan diri dan disiplin belajar secara signifikan berhubungan dengan penurunan academic dishonesty, dimana setiap peningkatan satu unit kepercayaan diri menurunkan academic dishonesty sebesar 0.082 unit, dan setiap peningkatan satu unit disiplin belajar menurunkan academic dishonesty sebesar 0.358 unit. Nilai signifikansi untuk kedua variabel tersebut adalah 0.000, menunjukkan bahwa hubungan ini signifikan. Sumbangan efektif kepercayaan diri dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap academic dishonesty sebesar 65,6%. Sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap academic dishonesty sebesar 12,20% dan disiplin belajar 53,68%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorCipto Hadi, M.Pd, -2008076701ciptohadi@uin-suska.ac.id
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 30 Jan 2025 11:36
Last Modified: 30 Jan 2025 11:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86699

Actions (login required)

View Item View Item