Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

INAYAH AULIA RAMADHANI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - INAYAH.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - INAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan observasi siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru.penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan observasi siswa dalam melakukan observasi saat adanya pengamatan dalam pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan LKPD. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analilis deskriptif dan persentase berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dari Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kepala bernomor struktur dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan observasi hanya mencapai 48% yang berada pada rentang dengan kategori “kurang baik” setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan observasi siswa meningkat berada pada rentang 77% dengan kategori “cukup baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83% yang berada pada rentang 83%- 91% dengan kategori “baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan observasi siswa pada muatan pembelajaran IPAS di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran inqury based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorsyafiah, -2012086401Syafiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:20
Last Modified: 31 Jan 2025 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86696

Actions (login required)

View Item View Item