INAYAH AULIA RAMADHANI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - INAYAH.pdf Download (13MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - INAYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan observasi siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru.penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan observasi siswa dalam melakukan observasi saat adanya pengamatan dalam pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan LKPD. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analilis deskriptif dan persentase berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dari Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kepala bernomor struktur dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan observasi hanya mencapai 48% yang berada pada rentang dengan kategori “kurang baik” setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan observasi siswa meningkat berada pada rentang 77% dengan kategori “cukup baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83% yang berada pada rentang 83%- 91% dengan kategori “baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan observasi siswa pada muatan pembelajaran IPAS di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran inqury based learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:20 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:20 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |