ERIN DESVITA, - (2025) PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI AHSIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ERIN DESVITA(2025) : PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 XIII KOTO KAMPAR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Guided Discovery Learning terhadap aktivitas belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 82. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Angket, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kelas Eksperimen pre test sebesar 48,36 menjadi 64,89 pada nilai post test dengan presentase kenaikan 34,18%. Berdasarkan analisis Uji-t antara kelas kontrol dan eksperimen diperoleh sig.(2-tailed) sebesar <0,001 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen setelah menggunakan model Guided Discovery Learning. Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:27 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:28 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |