Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PROGRAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA DI SMPIT IMAM AN NAWAWI PEKANBARU

HAJAROL SIREGAR, - (2025) MANAJEMEN PROGRAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BAHASA ARAB SISWA DI SMPIT IMAM AN NAWAWI PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS HAJAROL SIREGAR WATERMARK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hajarol Siregar, 2024. Manajemen Program Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Kemahiran Bahasa Arab Siswa di SMPIT Imam An Nawawi Pekanbaru. Program adalah kumpulan rencana yang disusun bersama untuk mencapai tujuan. Program akan berjalan baik apabila diatur dengan baik pula. Pengaturan atau kata lain manajemen yang dijalankan dengan baik akan membawa keberhasilan. Dalam komponen manajemen terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah :1. Untuk mengetahui program perencanaan pembelajaran keterampilan bahasa Arab. 2. Untuk mengetahui program pelaksanaan pembelajaran keterampilan bahasa Arab. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara : observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan melihat pelaksanaan program pembelajaran Bahasa arab khusus keterampilan berbicara dan menulis. Wawancara dilalkukan dengan kepala sekolah dan guru bahasa Arab untuk mendapatkan data. Dokumentasi dilakukan dengan melihat beberapa dokumen sekolah terkait program tersebut. Hasil penelitian ini adalah : 1. Perencanaan program pembelajaran keterampilan bahasa Arab dimulai dari : a. merumuskan tujuan, b. penjadwalan mata pelajaran Bahasa Arab, c. menyiapkan guru yang kompeten, d. menyusun program, e. menentukan media yang sesuai, f. menentukan metode yang tepat. 2. Pelaksanaan program pembelajaran keterampilan bahasa Arab : a. penghapalan kosa kata bahasa Arab sebanyak 5 kata setiap pagi, b. siswa menulis kosa kata yang diucapkan di buku tulis, c. guru dan siswa yang ditunjuk melakukan pengawasan bahasa, d. pemberian hukuman bagi siswa yang tidak berbahasa Arab, e. pengulangan pengucapan serta penghafalan kosa kata sebelum shalat ashar setiap hari, f. guru menjelaskan kaidah penulisan kosa kata yang tepat setiap hari sebelum shalat ashar, g. mengadakan lomba mengarang dalam bahasa Arab, h. membuat program ekstrakurikuler. Kata Kunci : Manajemen Program, Perencanaan dan Pelaksanaan, Kemahiran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRUSDI, -2006066601rusdi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorNANDANG SARIP HIDAYAT, -2005077303nandang.sarip.hidayat@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 30 Jan 2025 05:42
Last Modified: 30 Jan 2025 05:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86514

Actions (login required)

View Item View Item