Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

PUTRI ANGGRAINI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - PUTRI ANGGRAINI.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB IV - PUTRI ANGGRAINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar Islam As-Shofa Pekanbaru melalui model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran guided inquiry dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan masih rendah, yaitu 12% dari jumlah siswa pada kategori sangat kritis, 12% dari jumlah siswa pada kategori kritis, 20% dari jumlah siswa pada kategori cukup kritis, 28% dari jumlah siswa pada kategori kurang kritis, dan 28% dari jumlah siswa pada kategori sangat kurang kritis. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, yaitu 12% dari jumlah siswa pada kategori sangat kritis, 40% dari jumlah siswa pada kategori kritis, 20% dari jumlah siswa pada kategori cukup kritis, 4% dari jumlah siswa pada kategori kurang kritis dan 24% dari jumlah siswa pada kategori sangat kurang kritis. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan kembali, yaitu 40% dari jumlah siswa pada kategori sangat kritis, 32% dari jumlah siswa pada kategori kritis, 12% dari jumlah siswa pada kategori cukup kritis dan 16% dari jumlah siswa pada kategori kurang kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran matematika Sekolah Dasar Islam As-Shofa Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMelly Andriani, -2026057401melly.andriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 08:47
Last Modified: 13 Feb 2025 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86490

Actions (login required)

View Item View Item