Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU PAI SMP NEGERI DI KOTA PEKANBARU

BAYANUDDIN, - (2025) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU PAI SMP NEGERI DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (Bab Gab)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru PAI SMP Negeri di Kota Pekanbaru, Kedua, menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru kinerja guru PAI SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Ketiga mengalisis pengaruh kompetensi professional dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru PAI SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Kompetensi profesional merujuk pada kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran secara mendalam, sedangkan kompetensi pedagogik mencakup kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru PAI SMP Negeri di Kota Pekanbaru, kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana, regresi berganda, uji parsial (uji t), uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, untuk menguji hubungan antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru PAI. Secara parsial, kompetensi profesional memiliki kontribusi sebesar 5,3 %, sementara 94,7% itu bersumber dari variable lain. Kompetensi pedagogik berkontribusi sebesar 49,4% sisanya 50,6% besumber dari variable lain. Secara simultan, diperoleh dari variable dependen sebesar 50,4%, sementara 49,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak menjadi objek penelitian ini. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan program pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik guru PAI SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru, Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalmaini Yeli, -2001066901salmainiyeli@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDjefri E. Hulawa, -2011067003djepri@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:03
Last Modified: 24 Jan 2025 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86447

Actions (login required)

View Item View Item