Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN PRA MEMBACA ANAK USIA 4–5 TAHUN DI RA AZALIA SUKA KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

INTAN MUSLIMAH, - (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN PRA MEMBACA ANAK USIA 4–5 TAHUN DI RA AZALIA SUKA KARYA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Intan Muslimah, (2024) : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Pra Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Azalia Suka Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flash Card terhadap kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen menggunakan desain penelitian one group pretest posttest dengan uji t-test menggunakan rumus thitung > ttable. Jika thitung > ttabel Ho ditolak dan Ha diterima. Analisis data menggunakan SPSS Ver 27. Subjek penelitian adalah guru dan anak usia 4-5 Tahun di RA Azalia. Objek penelitian yaitu pengaruh Flash Card terhadap kemampuan pra membaca. Populasi pada penelitian yaitu seluruh anak didik kelompok A di RA Azalia berjumlah 12 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun gambaran umum Flash Card terhadap kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia sebelum diberikan perlakuan (Pretest) pada kelas eksperimen yaitu diperoleh hasil rata-rata 35,67 dengan kategori BB (Belum Berkembang). Pada treatment pertama kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia mengalami peningkatan yaitu 37,5 dengan kategori BB (Belum Berkembang). Pada treatment kedua kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia meningkat menjadi 49,74 dengan kategori MB (Mulai Berkembang). Pada treatment ketiga kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia meningkat secara signifikan menjadi 60,15 dengan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Pada treatment keempat kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia meningkat menjadi 81,25 dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Gambaran umum media pembelajaran Flash Card terhadap kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia sesudah diberikan perlakuan (Posstest) pada kelas eksperimen yaitu diperoleh hasil rata-rata 91,66 dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Adapun hasil penelitian terdapat peningkatan kemampuan pra membaca anak kelompok A di RA Azalia sebesar 91,66 % dengan kategori tinggi dengan rumus gain ternormalisasi. Hasil uji t statistik nilai sig 0,001 < 0,05 dengan thitung=25,164 > ttabel=1,812050. Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga media pemelajaran Flash Card berpengaruh terhadap kemampuan pra membaca anak usia 4-5 tahun di RA Azalia. Kata kunci: Media Pembelajaran Flash Card, Kemampuan Pra Membaca, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurhayati, -2009128501Nurhayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2025 01:47
Last Modified: 24 Jan 2025 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86428

Actions (login required)

View Item View Item