FEBIOLA SISKA BUTAR BUTAR, -
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI
MOBILE X PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE
EUCS DAN TAM.
JURNAL SISTEMASI: Sistem Informasi, 14 (1).
(In Press)
Abstract
Mobile X merupakan inovasi digital dalam transaksi perbankan. Mobile X menyatukan sejumlah fungsi
dari mobile banking, internet banking dan e-money menjadi satu platform. Mobile X mempunyai beberapa kendala yang sering terjadi dalam penggunaannya yang mengakibatkan pengguna kurang puas dengan aplikasi ini. Sehingga, perlu dilakukan analisis tingkat kepuasan pengguna yang menggunakan aplikasi Mobile X guna meningkatkan loyalitas pelanggan. Metode EUCS dan TAM adalah metode
evaluasi untuk menilai tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu sistem dalam sebuah aplikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada 100 responden berdasarkan perhitungan menggunakan persamaan Lameshow. Analisis pemodelan penelitian ini menggunakan analisis demografi dan analisis model (PLS SEM) yang menghasilkan model internal dan model eksternal. Hasil dari analisis yang telah dilakukan
memperoleh 3 hipotesis yang diterima yaitu pada variabel content dengan nilai p-value sebesar 0.495, variabel perceived of usefulness dengan nilai p-value sebesar 0.007, dan variabel timeliness dengan nilai p-value sebesar 0.001. Terdapat juga 3 hipotesis lainnya yang ditolak yaitu pada variabel accuracy dengan dengan nilai p-value sebesar 0.734, variabel content dengan nilai p-value sebesar 0.495, dan variabel format dengan nilai p-value sebesar 0.184. Dan 3 faktor kepuasan pengguna signifikan dengan variabel hipotesa yang diterima, artinya pemenuhan harapan pengguna, persepsi kegunaan, kualitas informasi dan ketepatan waktu dapat diterima oleh pengguna dan pengguna merasa puas.
Actions (login required)
 |
View Item |