Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERINFAK SECARA ONLINE DI DOMPET DHUAFA CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

M. DIAUL AKBAR, - (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERINFAK SECARA ONLINE DI DOMPET DHUAFA CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)

Abstract

ABSTRAK M. DIAUL AKBAR : PENGARUH RELIGIUSITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERINFAK SECARA ONLINE DI DOMPET DHUAFA CABANG PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Penelitian ini di latar belakangi oleh jumlah donatur infak yang mengalami fluktuasi di beberapa tahun. Pada tahun 2021 jumlah donatur infak sebesar 251 orang dengan jumlah dana Rp 79.674.734.000, tahun 2022 jumlah donatur sebesar 302 dengan dana sebesar Rp 123.866.878.000, dan tahun 2023 jumlah donatur sebesar 174 dengan dana Rp 134.234.712,77, dari data ini diketahui bahwa jumlah donatur pada tahun 2022 sangat banyak, namun di tahun 2023, dilihat dari segi dana, jumlah dana yang didapat selalu mengalami kenaikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap minat berinfak secara online di Dompet Dhuafa cabang Pekanbaru. Pada penelitian ini, penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi berjumlah sebanyak 174 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 63 responden dan menggunakan teknik pengumpulan sampel (purposive sampling) dengan rumus slovin. Skala likert digunakan sebagai alat pengukur dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 30. Berdasarkan hasil uji t pada variabel religiusitas didapat nilai thitung lebih besar dari ttabel ( 4.041 > 1.669), dan signifikansi 0.001 < 0.01, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan antara religiusitas terhadap minat berinfak di dompet dhuafa, sedangkan nilai t pada uji kualitas pelayanan didapat bahwa thitung > dari ttabel ( 4.142 > 1.669) dengan signifikansi 0.001 < 0.01, dimana terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat berinfak di dompet dhuafa cabang Pekanbaru. Hasil uji f (simultan) diperoleh bahwa fhitung > ftabel (44.926 > 2.75) dengan signifikansi 0.001 < 0.01, yang dapat disimpulkan bahwa variabel religiusitas dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh terhadap minat berinfak di dompet dhuafa. Dalam perspektif ekonomi Syariah variabel religiusitas dan kualitas pelayanan telah berjalan sesuai prinsip syariah dan beroperasi dengan baik. Kata Kunci: Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Minat Berinfak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAHPAWI, -2007037301syahpawi@uin-suska.ac.id
Thesis advisorNuryanti, --nuryanti@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Hacked fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:38
Last Modified: 30 Jan 2025 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86330

Actions (login required)

View Item View Item