Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMAN 9 PEKANBARU

ADELLA FITRIANI, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMAN 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV)'.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ADELLA FITRIANI(2024) : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMAN 9 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran circuit learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMAN 9 Pekanbaru. Penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T-tes dan effect size. Diperoleh nilai T-test sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,44. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran tipe circuit learning terhadap hasil belajar siswa pada materi konservasi dan manfaat flora fauna. Di lihat pada rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 40,93 menjadi 85,33. Pada nilai post test kelas eksperimen menunjukkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 85,35%. Kata kunci: Circuit Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYulia Novita1013066801Yulia Novita@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2025 05:26
Last Modified: 10 Mar 2025 05:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86263

Actions (login required)

View Item View Item