Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 9 PEKANBARU

SILVI RATIKA SARI, - (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - SILVI RATIKA SARI.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - SILVI RATIKA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Index Card Match Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini berguna untuk mencari adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (X) Untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran geografi (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan Purposive Sampling dengan berjumlah 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran geografi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada pre- test dan post-tes. Setelah dilakukan pengujian dapat diperolah nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka diperoleh nilai t-tabel sebesar 1,662. Dengan demikian, t-hitung (50,616) > t-tabel (1.662) pada pretest eksperimen, kemudian t-hitung (90,192) > t-tabel (1.662) pada posttest eksperimen, selanjutnya t-hitung (57,970) > t-tabel (1.662) pada pretetest kontrol dan t-hitung (52,583) > t-tabel (1.662) pada posttest kontrol. maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Keterampilan Kolaborasi siswa pada Mata Pembelajaran Geografi Di SMAN 9 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNelvawita2026107402Nelva.wita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:28
Last Modified: 23 Jan 2025 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86249

Actions (login required)

View Item View Item