SAMSUL FAJARUDIN, - (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - SAMSUL FAJRUDIN.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - SAMSUL FAJRUDIN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa infografis geografi materi potensi sumber daya alam Indonesia menggunakan aplikasi Canva, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI 9 SMA Negeri 2 Pekanbaru, ahli media dari dosen teknik informatika, ahli materi dari dosen pendidikan geografi, serta guru mata pelajaran geografi sebagai ahli praktisi. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran berupa infografis geografi materi potensi sumber daya alam Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sementara data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, media pembelajaran infografis ini dinyatakan sangat valid dengan tingkat kevalidan 92% dari ahli media, 91% dari ahli materi, 94% dari ahli praktisi, dan 90% dari siswa. Dengan demikian, media pembelajaran infografis yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 05:17 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 05:18 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |