PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DALU-DALU KABUPATEN ROKAN HULU

Ummiana Hermita, (2013) PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DALU-DALU KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201331PAI.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilakukanuntukmenjawaperumusanmasalahyaitubagaimana PenggunaanStrategiKooperative Learning TipeSTADpada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu DaluKabupatenRokanHuludanapa factor yang mempengaruhinya. Populasidalampenelitianiniadalahseluruh guru matapelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu-DaluKabupatenRokanHulu yang berjumlah 3 orang, karenapopulasisedikitmakapenulismenggunakantekniksampeljenuhatausensusdim anaseluruhpopulasimenjadisampel.Subjekdalampenelitianiniadalah guru matapelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu-Dalu, sedangkanobjeknyaadalahPenggunaanStrategiKooperative Learning Tipe STAD pada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu DaluKabupatenRokanHuluolehguru.Untukmengumpulkan data penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Setelah data terkumpulmakadianalisadenganrumuspersentase, karenapenelitianiniadalapenelitiandeskriftif. Setelahpenulissajikandanpenulisanalisa, makadapatdisimpulkanbahwaPenggunaanStrategiKooperative Learning Tipe STAD pada Mata PelajaranAqidahAkhlak di Madrasah TsanawiyahNegeriDalu DaluKabupatenRokanHulutergolong “cukup”denganpersentase73.33%, hasilinitermasukkedalamkategoricukupdenganrentang 56-75%. Adapunfaktor faktor yang mempengaruhinyaadalahlatarbelakangpendidikan guru yang bukanberasaldarikeguruan, sehingga guru bidangstudikurangmemahamipenggunaanstrategidanpenggunaanmedia.Faktor lain adalahtidakadanyakerjasamaantara guru bidangstudiAqidahAkhlak, sehingga guru bidangstudisangatjarangbertukarpendapatmengenaistrategiterbaru. Faktorterakhiradalahketerampilan guru dalammenggunakan media sangatminim.Halinijugadisebabkandarilatarbelakangpendidikan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:23
Last Modified: 02 Nov 2016 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item