Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU

MAULIDYA SAFERA RAUDHEA, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MAULIDYA SAFERA RAUDHEA(2024) : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi, Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Dengan populasi adalah siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Penarikan sampel penelitian dilakukan secara Random Sampling yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen menggunakan perlakuan model pembelajaran Active Learning dan X.2 Sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pre test dan post test untuk mengukur minat belajar siswa yang juga dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji beda (T-Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Active Learning berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata Pelajaran Geografi materi Karakteristik Iklim di Indonesia & Pengaruh Perubahan Iklim Global. Nilai (Signifikan 0,000 < 0,50) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian pengaruh model pembelajaran juga menunjukkan rata-rata (pre test dan post test) pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol, dengan peerbandingan sebesar 25,13% dan 9,33%. Kata Kunci : Active Learning, Minat Belajar, Geosfer Atmosfer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlmegi, -2014019001Almegi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:45
Last Modified: 22 Jan 2025 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86139

Actions (login required)

View Item View Item