Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS

DILLA PRAMESWARI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DILLA PRAMESWARI(2024) ; PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN KURAS Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan peserta didik guna menciptakan suatu kondisi yang diharapkan oleh pendidik agar memperoleh suatu pengetahuan secara terprogram agar terjadi proses pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Mind Mapping pada mata pelajaran geografi dan mendeskripsikan seberapa besar Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Atmosfer di SMA Negeri 1 Pangkalan Kuras. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X.9, sebagai kelas ekperimen yang menggunakan Model Mind Mapping, kelas X.2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic parametric dengan Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normlitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Atmosfer. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kelas eksperimen pre-test sebesar 65,29 meningkat menjadi 85,14 pada nilai post-test dengan presentase kenaikan 30% sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata pre-test sebesar 66,29 meningkat menjadi 79,67 pada nilai post-test dengan presentase kenaikan 0,47%. Kata Kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa, Atmosfer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkmal, -2012036501Akmal@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:41
Last Modified: 22 Jan 2025 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/86124

Actions (login required)

View Item View Item