Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL (FRAYER) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU

QOMARIYATUL HUSNAH, - (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL (FRAYER) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH 02 PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS QOMARIYATUL HUSNAH.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Qomariyatul Husnah, (2024): Efektivitas Penggunaan Model (Frayer) untuk meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab kelas VIII di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model (Frayer) untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab di kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Model (Frayer) efektivitas untuk meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa kelas VIII MTs di Muhammadiyah 02 Pekanbaru?. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru dengan sample siswa kelas VIII A dan VIII B. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII A dan VIII B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Model (Frayer) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab di kelas VIII MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru dengan sangat efektif. Berdasarkan Hasil uji post test siswa menunjukkan hal tersebut dengan nilai to = 6,779 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 1% = 2,001 dan taraf signifikansi 5% = 1,671 maka Ho ditolak dan Ha diterima, Adapun kelas yang menggunakan Model (Frayer) dengan rata-rata 84,93 % bagus sekali (Jayyid Jiddan) Oleh karena itu, dengan menerapkan Model (Frayer) memberikan efek yang kuat terhadap hasil belajar pada siswa. Kata kunci: Model (Frayer), Penguasaan Mufrodat, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMASRUN, -2011037701,masrun@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAGUSTIAR, -2005087101,agustiar@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 20 Jan 2025 08:19
Last Modified: 20 Jan 2025 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85966

Actions (login required)

View Item View Item