Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU

WARDAHTUL SANI, - (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV - WARDAHTUL SANI.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV - WARDAHTUL SANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media PowerPoint dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Islam As-Shofa Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 28 siswa sementara objeknya adalah model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media PowerPoint dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media PowerPoint. Grafik peningkatannya tampak dari hasil tes pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan perbaikan, terdapat 21% siswa yang mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah dengan baik dengan kategori "kurang". Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu terdapat 46% siswa yang mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah dengan baik dengan kategori "kurang". Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa kembali meningkat, terdapat 75% siswa yang mencapai nilai kemampuan pemecahan masalah dengan baik dengan kategori "baik". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning berbantuan media PowerPoint dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Islam As-Shofa Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMimi Hariyani, -2013058501mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:07
Last Modified: 20 Jan 2025 07:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85920

Actions (login required)

View Item View Item