HERLIZA, -
(2024)
EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI AIRBNB DI
INDONESIA MELALUI IMPORTANCE PERFORMANCE
ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX.
CV Infinite Corporation, 4 (12).
pp. 627-637.
ISSN 2775-4219
Abstract
Aplikasi Airbnb yang bertuju pada penyedia jasa akomodasi dengan tamu yang membutuhkan tempat menginap
secara online, perkembangan teknologi saat ini yang mengharuskan memanfaatkan teknologi informasi manusia
mulai memanfaatkan teknologi. Dengan adanya aplikasi ini, dapat memudahkan untuk memesan apa yang
dibutuhkan untuk mencari penginapan yang sesuai keinginan. Terdapat beberapa permasalahan pada aplikasi
Airbnb seperti, Pengguna kesulitan beberapa fitur yang susah dimengerti, customer service ketika ada masalah,
Aplikasi sering mengalami gangguan bug seperti aplikasi terkeluar sendiri saat sedang pencarian tempat
penginapan dan sulitnya melakukan transaksi karena terjadi kesalahan dalam pengoperasian aplikasi tersebut
sehingga dengan adanya customer service gangguan tersebut dapat diperbaiki. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengukur bagaimana kualitas aplikasi berdasarkan dari kepuasan penggunaan aplikasi Airbnb dengan
menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan
sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 106 responden pengguna aplikasi Airbnb, dan terdapat 24
atribut dengan menggunakan 7 dimensi. Hasil penelitian ini menggunakan metode IPA yang menemukan 6 dari
atribut -atribut yang mesti ditingkatkan kinerjanya, 6 atribut wajib untuk di pertahankan dalam kualitas
pelayanan, 7 atribut yang setara antara tingkat kepentingan pengguna dengan kinerja aplikasi, dan 5 atribut
tingkat kinerja lebih tinggi dari tingkat kepentingan pengguna. Untuk nilai yang didapat dari presentase CSI pada
penelitian ini 69,62% pengguna merasakan puas dengan kualitas pelayanan Aplikasi Airbnb, dari hasil penelitian
ini agar dapat melakukan peningkatan kualitas pada aplikasi Airbnb melalui metode IPA dan untuk
meningkatkan nilai pada CSI agar lebih baik dari sebelumnya.
Actions (login required)
 |
View Item |