Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI AIRBNB DI INDONESIA MELALUI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX

HERLIZA, - (2024) EVALUASI KUALITAS LAYANAN APLIKASI AIRBNB DI INDONESIA MELALUI IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX. CV Infinite Corporation, 4 (12). pp. 627-637. ISSN 2775-4219

[img]
Preview
Text
HERLIZA 12050323200 SISTEM INFORMASI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Airbnb yang bertuju pada penyedia jasa akomodasi dengan tamu yang membutuhkan tempat menginap secara online, perkembangan teknologi saat ini yang mengharuskan memanfaatkan teknologi informasi manusia mulai memanfaatkan teknologi. Dengan adanya aplikasi ini, dapat memudahkan untuk memesan apa yang dibutuhkan untuk mencari penginapan yang sesuai keinginan. Terdapat beberapa permasalahan pada aplikasi Airbnb seperti, Pengguna kesulitan beberapa fitur yang susah dimengerti, customer service ketika ada masalah, Aplikasi sering mengalami gangguan bug seperti aplikasi terkeluar sendiri saat sedang pencarian tempat penginapan dan sulitnya melakukan transaksi karena terjadi kesalahan dalam pengoperasian aplikasi tersebut sehingga dengan adanya customer service gangguan tersebut dapat diperbaiki. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur bagaimana kualitas aplikasi berdasarkan dari kepuasan penggunaan aplikasi Airbnb dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 106 responden pengguna aplikasi Airbnb, dan terdapat 24 atribut dengan menggunakan 7 dimensi. Hasil penelitian ini menggunakan metode IPA yang menemukan 6 dari atribut -atribut yang mesti ditingkatkan kinerjanya, 6 atribut wajib untuk di pertahankan dalam kualitas pelayanan, 7 atribut yang setara antara tingkat kepentingan pengguna dengan kinerja aplikasi, dan 5 atribut tingkat kinerja lebih tinggi dari tingkat kepentingan pengguna. Untuk nilai yang didapat dari presentase CSI pada penelitian ini 69,62% pengguna merasakan puas dengan kualitas pelayanan Aplikasi Airbnb, dari hasil penelitian ini agar dapat melakukan peningkatan kualitas pada aplikasi Airbnb melalui metode IPA dan untuk meningkatkan nilai pada CSI agar lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD JAZMAN, -1004068202jazman@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:17
Last Modified: 20 Jan 2025 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85835

Actions (login required)

View Item View Item