Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD BABUSSALAM PEKANBARU

WAHYU PRISTIWARDANI, - (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Pristiwardani, (2024): Pengembangan e-Modul Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Babussalam Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran IPAS kelas V di SD; 2) Kebutuhan bahan ajar kelas V di SD; 3) Spesifikasi e-Modul berbasis Flipbook pada pembelajaran IPAS kelas V di SD; 4) Rancangan desain penggunaan e-Modul berbasis Flipbook; 5) Validitas e-Modul berbasis Flipbook; 6) Praktikalitas e-Modul berbasis Flipbook. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model 4-D. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Define; 2) Design; 3) Develop, dan 4) Disseminate. Subjek penelitian ini adalah 3 guru dan 12 siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah; 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku dari sekolah dan belum ada bahan ajar berupa e-Modul berbasis Flipbook; 2) Pembelajaran IPA memerlukan alat bantu berupa e-Modul berbasis Flipbook agar siswa mudah memahami materi; 3) Spesifikasi e-Modul berbasis Flipbook berbentuk buku digital dengan muatan materi Bumi dan Cara Tubuh Bekerja dan diakses menggunakan Gadget; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draf awal, mendesain grafika menggunakan Canva, menyimpan, mengunduh dan konversi e-Modul menjadi Flipbook; 5) e-Modul berbasis Flipbook divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 90% kategori Valid, ahli integrasi dengan nilai 96,6% kategori Valid, ahli bahasa dengan nilai 93,3% kategori Valid dan ahli grafika dengan nilai 96,6% kategori Valid. 6) Uji praktikalitas dilakukan dengan uji terbatas yang melibatkan 3 guru dengan hasil 100% dan 12 siswa dengan hasil 97,4% dengan kategori Valid. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk penelitian e-Modul berbasis Flipbook dinyatakan Layak digunakan dalam pembelajaran di SD Babussalam Pekanbaru. Kata Kunci: e-Modul, Flipbook, Penelitian Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorARAMUDIN, -2024098504aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:04
Last Modified: 20 Jan 2025 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85828

Actions (login required)

View Item View Item