Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI BERBANTUAN PEER REVIEW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI AULIA CENDEKIA KOTA PEKANBARU

WIRI ZISPITA, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI BERBANTUAN PEER REVIEW TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI AULIA CENDEKIA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIRI ZISPITA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)

Abstract

ABSTRAK Wiri zispita (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi Berbantuan Peer Review Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerpen siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaborasi berbantuan peer review terhadap keterampilan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V MI Aulia cendekia Pekanbaru.jenis penelitian adalah true eksperimental. dengan desain penelitian posttest only control group. Populasi mencakup seluruh siswa kelas V yang berjumlah 78 orang dengan sampel penelitian kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis deskriptif bahwa Nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa kelas V MI Aulia Cendikia Pekanbaru tahun pelajaran 2023/2024 pada kelas eksperimen bernilai 81,15 dan pada kelas kontrol bernilai 64,62. Jadi, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kolaborasi berbantuan peer review lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis diketahui posttest kelas eksperimen dan kontrol dengan memperoleh Sig = 0,000 dan hasil t hitung = 6.814, jadi df = 50 pada taraf signifikan 5% = 1.675, Sehingga diperoleh t hitung > t tabel atau 6.814 > 1.675 dan 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak,berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kolaborasi berbantuan peer review terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas V MI Aulia Cendikia Pekanbaru tahun Pelajaran 2023/2024. Kata Kunci: Kolaborasi Berbantuan Peer Review, Keterampilan Menulis Cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWELLI MARLISA2013049101welli@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2025 02:05
Last Modified: 20 Jan 2025 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85823

Actions (login required)

View Item View Item