Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU

FANI AFDISITA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV FANI AFDISITA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV FANI AFDISITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fani Afdisita, (2024):Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. penelitian ini adalah model pembelajaran artikulasi dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan komunikasi sebelum tindakan yang memperoleh rata-rata 55,65. Kemudian setelah model pembelajaran artikulasi diterapkan, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan keterampilan komunikasi siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Kemampuan Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARDIA HAYATI, -2015107201UNSPECIFIED
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jan 2025 02:32
Last Modified: 17 Jan 2025 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85755

Actions (login required)

View Item View Item