FANI AFDISITA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV FANI AFDISITA.pdf Download (12MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV FANI AFDISITA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fani Afdisita, (2024):Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS Kelas V Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. penelitian ini adalah model pembelajaran artikulasi dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan komunikasi sebelum tindakan yang memperoleh rata-rata 55,65. Kemudian setelah model pembelajaran artikulasi diterapkan, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran artikulasi dapat meningkatkan kemampuan keterampilan komunikasi siswa kelas V pada muatan pelajaran IPS Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Kemampuan Keterampilan Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2025 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2025 02:32 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |