Indah Sri Gusrini, - (2025) Pengaruh Metode Scramble terhadap Minat Belajar IPS Siswa di SMPN 23 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text (BAB GAB)
SKRIPSI INDAH Gab.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB HASIL)
SKRIPSI INDAH BAB HASIL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
Abstract
ABSTRAK Indah Sri Gusrini (2024): Pengaruh Metode Scramble terhadap Minat Belajar IPS Siswa di SMPN 23 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode Scramble terhadap minat belajar IPS siswa di SMPN 23 Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi oleh, kurangnya minat siswa dalam proses belajar IPS, kurangnya perhatian siswa pada mata pelajaran yang diajarkan guru, metode yang digunakan oleh guru pelajaran yaitu metode ceramah, guru hanya menjelaskan sehingga siswa pasif, guru tidak menggunakan metode atau model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII di SMPN 23 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 312. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan sebaran 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui perhitungan thitung dan ttabel yang diperoleh perhitungan thitung > ttabel atau 8,205 > 2,01 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan antara metode scramble terhadap minat belajar IPS siswa di SMPN 23 Pekanbaru. Adapun hasil perhitungan data effect size maka diketahui nilai sebesar 1,065 dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode scramble terhadap minat belajar IPS siswa memiliki Moderate Effect (Efek Sedang). Kata Kunci: Metode Scramble; Minat Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2025 03:04 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2025 03:04 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |