Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PEKANBARU

M. RIZKI, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK M. Rizki, (2024) : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen, dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengikuti pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 144 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini ialah kelas VII Cendikia berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII A berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung (2,573) > ttabel (1,672) dengan taraf signifikan 5%, dan Nilai signifikan 0,013 <a 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran project based learning dengan metode ceramah pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pekanbaru.. Hasil Mean Skor kelas eksperimen 89,84 lebih tinggi dari kelas kontrol 85. Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGUSMA AFRIANI, -2005087701gusma.afriani@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jan 2025 01:16
Last Modified: 16 Jan 2025 01:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85626

Actions (login required)

View Item View Item