NUR KHOFIFAH HASIBUAN, - (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 1 PADANG LAWAS. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS NUR KHOFIFAH HASIBUAN.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Khofifah Hasibuan (2024) : Pengaruh Metode Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di MTs Negeri 1 Padang Lawas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pada metode pembelajaran Berdiferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTs Negeri 1 Padang Lawas. Jenis Penelitian adalah metode Kuantitatif jenis Eksperimen dengan desain Pre-test dan Post-test yang dilakukan di MTs Negeri 1 Padang Lawas dengan metode pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan angket adalah dengan menyebarkan pada siswa untuk variable motivasi sedangkan untuk variable hasil belajar diambil dari nilai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan Teknik analisis deskriptif sebagai pemaparan data dan menggunakan uji-t dalam perhitungannya. Dalam penelitian ini digambarkan bagaimana pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa terhadap data pretest dan post-test dengan nilai signifikan diperoleh 0,000 < 0,05 seangkan T hitungnya 22,032 > 1,970 dengan nilai koefisien positif. 2) terdapat pengaruh metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa diperoleh dengan nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05 sedangkan T hitungnya 25,928 > 1,970 dengan nilai koefisien positif. 3) terdapat pengaruh metode pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa terhadap data post-test motivasi dan hasil belajar sesudah penerapan metode dengan nilai T hitung > T tabel pada taraf signifikan 5% ( 19,909 > 1,970) sehingga berdasarkan data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 04:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85428 |
Actions (login required)
View Item |