Khaira Annisa, - (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK TABUNGAN BAJAMPUIK PADA PT BPRS JAM GADANG BUKITTINGGI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kebutuhan untuk bertransaksi yang semakin meningkat mendorong PT.BPRS Jam Gadang Bukittinggi berlomba menjadi intermediasi keuangan dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Kegiatan PT.BPRS Jam Gadang Bukittinggi dapat berjalan dengan baik jika ada kepercayaan dari nasabah. PT.BPRS Jam Gadang Bukittinggi memiliki produk tabungan bajampuik yang menjadi salah satu produknya, adanya transaksi antara nasabah dan PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi dengan produk ini disebabkan oleh beberapa faktor yang dominan yaitu religiusitas dan motivasi yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh religiusitas terhadap keputusan memilih produk tabungan bajampuik pada PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi, untuk menjelaskan pengaruh motivasi nasabah terhadap keputusan memilih produk tabungan bajampuik pada PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi, dan untuk menjelaskan pengaruh religiusitas dan motivasi nasabah terhadap keputusan memilih produk tabungan bajampuik pada PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi menurut perspektif Ekonomi Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian berlokasi di PT.BPRS Jam Gadang Bukittinggi, beralamat di Jalan Soekarno Hatta, No.52A, Pakan Kurai, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. Pengumpulan data penelitian melalui kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan bajampuik pada PT.BPRS Jam Gadang Bukittingi berjumlah 7.399. Dalam menentukan jumlah sampel dihitung berdasarkan rumus Slovin, maka sampel yang diambil dari populasi yang ada adalah sebanyak 100 nasabah. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil penelitian ini menyatakan bahwa religiusitas berpengaruh terhadap keputusan memilih produk tabungan bajampuik pada PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi, dengan perolehan nilai t-hitung variabel religiusitas yaitu 2,108 dan t-tabel yang diperoleh sebanyak 1,984, maka t-hitung>t-tabel (2,108>1,984). Pada variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih produk tabungan bajampuik pada PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi, dengan perolehan nilai t-hitung variabel motivasi yaitu 33,719 dan t-tabel yang diperoleh sebanyak 1,984, maka t-hitung>t-tabel (33,719>1,984). Pada variabel religiusitas dan motivasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih produk tabungan bajampuik pada PT BPRS Jam Gadang Bukittinggi, dengan perolehan nilai F-hitung adalah 1200,623 dan F-tabel adalah 2,70 dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 297 Islam > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |