Rahmad Fauzi, -
Perbandingan Usability Aplikasi Transportasi Online Berdasarkan User
Experience Menggunakan Metode Usability Testing.
PERBANDINGAN USABILITY APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE BERDASARKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING.
Abstract
Transportasi online merupakan salah satu perkembangan layanan terkini.
Dengan tingginya mobilitas penduduk di Indonesia membuat perusahaan
transportasi online berlomba memberikan jenis layanan yang sama sehingga menimbulkan persaingan antar perusahaan transportasi online seperti Gojek dan Maxim. Para pengguna mengeluhkan bahwa peta aplikasi tidak diperbarui dan terkadang mengalami kesalahan sistem. Penelitian ini
menggunakan metode usability testing sebagai pengukuran user experience.
Usability Testing merupakan metode mengukur efisiensi, kemudahan
dipelajari, dan kemampuan untuk mengingat bagaimana berinteraksi tanpa
kesulitan atau kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan usability testing pada aplikasi Gojek & Maxim berdasarkan
pengalaman pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada
kedua aplikasi komponen Efficiency, Memorability, Satisfaction
mendapatkan nilai rata-rata diatas 3,00 yang tergolong kategori tinggi,
sedangkan komponen Errors aplikasi maxim memiliki perbedaan signifikan
dengan nilai 2,85 kategori sedang. Secara keseluruhan terdapat perbedaan
usability testing pada aplikasi Gojek dan Maxim berdasarkan pengalaman
pengguna di wilayah Kota Pekanbaru.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |