Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TAMBANG

RENALDI, - (2024) PENGEMBANGAN BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RENALDI(2024) : PENGEMBANGAN BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 TAMBANG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang mengguanakan media pembelajaran buku saku dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvesional pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Tambang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 2 Tambang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu 40 orang kelas kontrol (XI.5) dan 40 orang kelas eksperimen (XI.6) dengan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan dipilih berdasarkan pertimbangan nilai rata – rata kelas siswa yang medekati sama. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI SMAN 2 Tambang. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran buku saku terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent sample test. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan nilai Thitung sebesar 4,749 dan sig (2 – tailed) = 0,000. Pada taraf signifikansi 5 % dan 1 % dengan df = 78 terlihat Ttabel yaitu 1,664 dan 2,375 yang berarti Thitung > Ttabel (1,664 < 4,749 > 2,375) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan media pembelajaran buku saku dengan kelas lain yang menggunakan media pembelajaran konvesional pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Tambang. Kata Kunci : Media Pembelajaran Buku Saku, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRISTILIANA, -2025029002Ristilliana@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:23
Last Modified: 07 Jan 2025 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85206

Actions (login required)

View Item View Item