JAIS ASWANDA, - (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAM (BPI) DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK ISLAM INAYAH KECAMATAN UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf Download (17MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Jais Aswanda, (2024) : Implementasi Program Bina Pribadi Islam dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius Siswa Di SMK Islam Inayah Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Implementasi Program Bina Pribadi Islam dalam Menamkan Pendidikan Karakter Religius Siswa di SMK Islam Inayah Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dalam hal ini dengan mengamati pelaksanaan Program Bina Pribadi Islam pada siswa, serta untuk mengetahui langsung karakter religius siswa melalui Implementasi Program Bina Pribadi Islam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan program Bina Pribadi Islam, sedangkan data sekunder berupa teori-teori, penunjang lainya diperoleh dari, kepustakaan, dokumentasi arsip-arsip Sekolah. Penelitian ini menemukan bahwa : 1). Wujud Pendidikan Karakter Religius Siswa di SMK Islam Inayah Ujungbatu melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan di luar kelas. Proses Pendidikan Karakter Religius Siswa melalui integrasi pengembangan diri seperti keteladanan, pembiasaan, kedisiplinan, pengkondisisan lingkungan, kemudian integrasi dalam mata pelajaran, integrasi dengan budaya sekolah seperti intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler dan melalui program Bina Pribadi Islam, 2). Program Bina Pribadi Islami menjadi salah satu program unggulan yang dilaksanakan di SMK Islam Inayah Ujungbatu. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tertata, dan evaluasi yang maksimal dari sekolah, 3). Pelaksanaan Program Bina Pribadi Islam dilaksanakan dalam bentuk dua pola yaitu pola intrakurikuler dan pola ekstrakurikuler. Pola intrakurikuler terdiri dari kegiatan Islamic Study Club / Mentoring, zikir al-matsurat, sedangkan pola ekstrakurikuler terdiri dari kegiatan iftor jama‟i, kegiatan malam bina iman dan taqwa, kegiatan Rihlah, dan Fit Camp BPI, Aksi peduli kemanusian, 4). Adapun Karakter Religius yang ditanamkan kepada siswa melalui program Bina Pribadi Islam dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan sekolah sebagai berikut: karakter terkait dengan keimanan dan kataqwaan, karakter terkait kejujuran dan tanggungjawab, karakter terkait tolong menolong, karakter terkait menepati janji, karakter terkait peduli lingkungan, dan karakter terkait peduli sosial. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Karakter, Religius,
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:57 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |