Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS WACANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

SRI DEWI PUTRI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS WACANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI DEWI PUTRI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Dewi Putri, (2024): Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, reading, and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman Teks Wacana Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran CIRC (Cooperative, integrated, reading, and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks wacana siswa kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru, penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman teks wacana siswa. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ialah seluruh kelas V MI Aulia Cendekia Pekanbaru.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas V.A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V.B sebagai kelas eksperimen, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen sebesar 82,31, pencapain ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control yaitu hanya mencapai 63,65. Berdasarkan uji independent sample t-test dengan uji hipotesis diketahui hasil hitung nilai t sebesar 6.250 dengan perbandingan t tabel 1.675. maka t hitung sebesar 6.250 > t tabel 1.675, Ha diterima dan Ho ditolak. Sementara itu, melihat dari nilai sig (2-tailed) hasil hitung ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman Teks Wacana siswa kelas V MI Aulia Cendikia Pekanbaru. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWELLI MARLISA, --welli@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:20
Last Modified: 31 Dec 2024 07:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85154

Actions (login required)

View Item View Item