LISNA WATI, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDIT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LISNA WATI.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Lisna Wati, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran mind mapping yang dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V Abu Bakar SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 22 siswa dan Objeknya adalah model pembelajaran mind mapping dan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan penelitian dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam kreativitas belajar hanya mencapai 22,72% atau tergolong dalam kategori Tidak baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa dalam kreativitas belajar meningkat menjadi 67,04% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 91,19% atau tergolong dalam kategori Baik. Besar peningkatan kreativitas belajar siswa dari pra Tindakan ke siklus I adalah sebesar 46% dan besar peningkatan kreativitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 25%, secara keseluruhan besar peningkatan kreativitas belajar siswa dari pra Tindakan ke siklus II adalah 71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V Abu Bakar SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kreativitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 31 Dec 2024 07:17 | ||||||||
Last Modified: | 31 Dec 2024 07:17 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85153 |
Actions (login required)
View Item |