UMI, FARIHA
(2024)
EVALUASI USER EXPERIENCE TERHADAP APLIKASI OVO
MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE
QUESTIONNAIRE (UEQ).
SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 13 (5).
pp. 2222-2236.
ISSN ISSN:2302-8149, e-ISSN:2540-9719
Abstract
Seiring dengan kemajuan teknologi digital, kemudahan didalam melakukan proses transaksi
pembayaran melalui aplikasi dompet digital semakin meningkat. OVO salah satu aplikasi dompet
digital terkemuka di Indonesia. Namun, terdapat beberapa pengguna mengeluh dan melaporkan
masalah seperti kesulitan dalam upgrade, masalah login, kegagalan transaksi, serta aplikasi yang
merespon dengan lambat. Ulasan-ulasan tersebut dapat dilihat melalui kolom komentar pada aplikasi
OVO pada google playstore. Representasi aplikasi dapat mempengaruhi persepsi pengguna terhadap
suatu aplikasi. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai pengalaman pengguna aplikasi OVO
dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ), yang melibatkan enam aspek
penilaian: daya tarik, kejelasan, efisiensi, keandalan, stimulasi, dan inovasi. Dari hasil penelitian yang
diperoleh menunjukkan bahwa penilaian pengguna secara keseluruhan evaluasi yang telah dilakukan
terhadap aplikasi OVO bersifat positif. Penelitian ini diharapkan mampu menyajikan wawasan serta
informasi penting mengenai kepuasan pengguna terhadap aplikasi dompet digital. Selain itu,
diharapkan juga penelitian ini bisa menjadi rujukan bagi penelitian-penelitian berikutnya dan
pengembangan lebih lanjut terkait aplikasi OVO, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman
pengguna.
Actions (login required)
 |
View Item |