SYARIFAH RIZCY FUZIELETARI, - (2024) PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB UNTUK SISWA DI SDIT BUNAYYA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TESIS SYARIFAH RIZCY FUZIELETARI.pdf Download (17MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
Abstract
ABSTRAK Syarifah Rizcy Fuzieletari, (2024): Pengaruh Quantum Teaching Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab untuk Siswa di SDIT Bunayya Pekanbaru Dalam pembelajaran Bahasa Asing, khususnya bahasa Arab tentu akan menghadapi permasalahan-permasalahan. Di antara permasalahan-permasalahan tersebut adalah siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pada dasarnya penguasaan kosakata sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan keterangan tersebut, peneliti ingin menguji-cobakan model pembelajaran bahasa Arab. Khususnya model quantum teaching untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa di SDIT Bunayya Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quantum teaching dalam meningkatkan menguasaan kosakata bahasa Arab untuk siswa SDIT Bunayya Pekanbaru. Dalam penulisan penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen untuk mencapai tujuan di atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan perhitungan deskriptif yaitu menjelaskan atau memaparkan data yang terkumpul secara rinci. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) pengaruh quantum teaching terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di SDIT Bunayya pekanbaru. Dari hasil observasi pada kelas eksperimen cukup tinggi yaitu 100%. Penguasaan kosakata bahasa Arab dengan model pembelajaran quantum teaching pada siswa SDIT Bunayya pekanbaru cukup efektif hal ini didasari dengan hasil rata-rata kelas eksperimen yaitu 57% berdasarkan N-Gain score. Adapun rumus Independent Sampel t-test, peneliti mendapatkan hasil posttest kelas kontrol dan kelas kesperimen, ditinjau dari perhitungan thitung yaitu 4,836 lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf 1% = 2,467 dan taraf 5% = 1,701 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kesimpulan terdapat pengaruh quantum teaching dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di SDIT Bunayya Pekanbaru. Kata Kunci: Quantum Teaching, Penguasaan Kosakata bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 02:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 02:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/85110 |
Actions (login required)
View Item |